Minggu, 10 Juni 2012

RPP PARTIKEL MATERI


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Sekolah                        : SMP N 8 Semarang
Kelas / Semester          : VIII / Semester I
Mata Pelajaran             : IPA (Ilmu Pengetahuan Alam)
Alokasi Waktu             : 2 X 40 menit


Standar Kompetensi
             Menjelaskan konsep Partikel Materi

Kompetensi Dasar
              Menjelaskan Konsep atom, ion, dan molekul.

Indikator
1.    Mendefinisikan pengertian partikel materi (atom, ion, dan molekul).
2.    Memberikan contoh materi tertentu yang terdiri atas ion-ion.

Alokasi Waktu : 4 jam Pelajaran (2 X pertemuan)

A. Tujuan Pembelajaran
        Peserta didik dapat:
1.      Memahami konsep struktur atom
2.      Memahami perkembangan teori atom
3.      Mendefinisikan pengertian atom
4.      Memberikan contoh tentang atom
5.      Memahami konsep ion
6.      Memberikan contoh tentang kation dan anion
7.      Memahami konsep molekul
8.      Memberikan contoh tentang molekul
9.      Membedakan molekul unsur dengan molekul senyawa dengan menggunakan simbol.

B. Materi Pembelajaran
        Atom, ion, dan molekul

C. Metode Pembelajaran
            1. Pendekatan                         : Pendekatan Kontekstual
            2. Metode                                : Diskusi- informasi
            3. Metode Pembelajaran         : Pembelajaran Kooperatif

D. Langkah-langkah Kegiatan

a. Kegiatan Pendahuluan
·         Motivasi dan Apersepsi:
a.        apa yang dimaksud dengan atom
b.      Siapa yang pernah mendengar tentang bom atom?
·         Prasyarat pengetahuan:
a.       Semua zat yang ada di dunia ini baik itu padat, cair, dan gas terdiri dari partikel.
b.      Unsur-unsur yang ada di alam, sering kita jumpai untuk keperluan sehari-hari.

b. Kegiatan Inti
1.      Siswa dapat menjelaskan konsep atom, ion, dan molekul.
2.      Melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan daam tentang toik/ tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber.
3.      Menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain.
4.      Memfalisitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antar peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainya.
5.      Melibatkan peserta didik secara akti dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
6.      Memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
7.      Guru melakukan diskusi informasi kemudian siswa diminta untuk berdiskusi tentang atom, ion dan molekul
8.      Memberi kesempatan untuk berfikir, menganalisis, menyeleseikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut
9.      Menfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif
10.  Menfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar
11.  Menfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok
12.  Menfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok
13.  Menfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan
14.  Menfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik
15.  Memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik
16.  Memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber
17.  Menfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengelaman belajar yang telah dilakukan
18.  Menfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø  Berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø  Membantu menyeleseikan masalah;
Ø  Memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø  Memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø  Memberi motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif


c. Kegiatan Penutup
    Dalam kegiatan penutup, guru:
a.           Bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/ simpulan pelajaran;
b.      Melakukan penilaian dan/atau refleksi kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
c.          Memberi umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
d.      Merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remidi, program pengayaan, layanan konseling dan/ atau memberi tugas baik individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik.

E. Sumber Belajar
1. Purwoko, dkk. 2009. IPA Terpadu SMP Kelas VIII. Jakarta: Yudistira
2. Tim Abdi Guru. 2008. IPA FISIKA untuk SMP Kelas VIII. Jakarta: Erlangga.
        
F. Penilaian Hasil Belajar
             a. Teknik Penilaian:
-      Tes tertulis
-      Tes tertulis
             b. Bentuk Instrumen:
    -   Tes PG
   -   Tes uraian
            c. Contoh Instrumen:
-  Contoh tes PG
Partikel yang bermuatan positif disebut:
a.       Atom dan ion
b.      Hanya ion
c.       Molekul dan ion
d.       Hanya atom
                       -  Contoh tes uraian     
Diskripsikan Pengertian atom, ion dan molekul.






                                                                                                Semarang, 14 Mei 2012
Mengetahui
Kepala SMP N 8 Semarang                                                    Guru Mata Pelajaran



Drs. Dani Eka Prasetya, M. Pd                                           Ratna Wulandari, S. Pd
NIP. 85 640 888 193                                                              NIP.103611017







RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Sekolah                        : SMP N 8 Semarang
Kelas / Semester          : VIII / Semester I
Mata Pelajaran             : IPA (Ilmu Pengetahuan Alam)
Alokasi Waktu             : 2 X 40 menit


Standar Kompetensi
             Menjelaskan konsep Partikel Materi

Kompetensi Dasar
              Menjelaskan Konsep atom, ion, dan molekul dengan produk kimia sehari-hari.

Indikator
1.      Menjelaskan hubungan atom, ion, dan molekul.
2.      Mendiskripsikan komponen penyusun salah satu produk kimia.

Alokasi Waktu : 4 jam Pelajaran (2 X pertemuan)

A. Tujuan Pembelajaran
        Peserta didik dapat:
1.      Memahami konsep struktur atom dengan produk krhidupan sehari-hari
2.      Memahami perkembangan teori atom, ion dan molekul
3.      Mendefinisikan pengertian atom, ion dan molekukul
4.      Memberikan contoh tentang atom, ion dan molekul
5.      Memahami konsep ion
6.      Memberikan contoh tentang kation dan anion
7.      Memahami konsep molekul
8.      Memberikan contoh tentang molekul
9.      Membedakan molekul unsur dengan molekul senyawa dengan menggunakan simbol.

B. Materi Pembelajaran
        Hubungan atom, ion dan molekul dengan produk kimia

C. Metode Pembelajaran
            1. Pendekatan                         : Pendekatan Kontekstual
            2. Metode                                : Diskusi- informasi
            3. Metode Pembelajaran         : Pembelajaran Kooperatif

D. Langkah-langkah Kegiatan

a. Kegiatan Pendahuluan
·         Motivasi dan Apersepsi:
c.        apa yang dimaksud dengan atom
d.      Siapa yang pernah mendengar tentang bom atom?
·         Prasyarat pengetahuan:
c.       Semua zat yang ada di dunia ini baik itu padat, cair, dan gas terdiri dari partikel.
d.      Unsur-unsur yang ada di alam, sering kita jumpai untuk keperluan sehari-hari.

b. Kegiatan Inti
1.      Siswa dapat menjelaskan konsep atom, ion, dan molekul dengan produk kimia sehari-hari.
2.      Melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan daam tentang toik/ tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber.
3.      Menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain.
4.      Memfalisitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antar peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainya.
5.      Melibatkan peserta didik secara akti dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
6.      Memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
7.      Guru melakukan diskusi informasi kemudian siswa diminta untuk berdiskusi tentang atom, ion dan molekul
8.      Memberi kesempatan untuk berfikir, menganalisis, menyeleseikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut
9.      Menfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif
10.  Menfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar
11.  Menfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok
12.  Menfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok
13.  Menfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan
14.  Menfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik
15.  Memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik
16.  Memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber
17.  Menfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengelaman belajar yang telah dilakukan
18.  Menfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø  Berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø  Membantu menyeleseikan masalah;
Ø  Memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø  Memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø  Memberi motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif


c. Kegiatan Penutup
    Dalam kegiatan penutup, guru:
1.      Bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/ simpulan pelajaran;
2.      Melakukan penilaian dan/atau refleksi kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
3.      Memberi umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
4.      Merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remidi, program pengayaan, layanan konseling dan/ atau memberi tugas baik individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik.

E. Sumber Belajar
1. Purwoko, dkk. 2009. IPA Terpadu SMP Kelas VIII. Jakarta: Yudistira
2. Tim Abdi Guru. 2008. IPA FISIKA untuk SMP Kelas VIII. Jakarta: Erlangga.
        
F. Penilaian Hasil Belajar
             a. Teknik Penilaian:
-      Tes tertulis
-      Tes tertulis
             b. Bentuk Instrumen:
   -   Tes uraian
   -    tes uraian
            c. Contoh Instrumen:
-  Tes Uraian
1. Diskripsikan hubungan atom, ion dan molekul
2. Sebutkan komponen yang menyusun air accu




                                                                                                Semarang, 14 Mei 2012
Mengetahui
Kepala SMP N 8 Semarang                                                    Guru Mata Pelajaran



Drs. Dani Eka Prasetya, M. Pd                                           Ratna Wulandari, S. Pd
NIP. 85 640 888 193                                                              NIP.103611017












RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Sekolah                        : SMP N 8 Semarang
Kelas / Semester          : VIII / Semester I
Mata Pelajaran             : IPA (Ilmu Pengetahuan Alam)
Alokasi Waktu             : 2 X 40 menit


Standar Kompetensi
             Menjelaskan konsep Partikel Materi

Kompetensi Dasar
              Membandingkan molekul unsur dan molekul senyawa.

Indikator
1.      Menjelaskan dengan simbol perbedaan antara molekul unsur.
2.      Menunjukkan beberapa contoh molekul sederhana dalam kehidupan sehari-hari.

Alokasi Waktu : 4 jam Pelajaran (2 X pertemuan)

A. Tujuan Pembelajaran
        Peserta didik dapat:
1.      Memahami konsep struktur atom
2.      Memahami perkembangan teori atom
3.      Mendefinisikan pengertian atom
4.      Memberikan contoh tentang atom
5.      Memahami konsep ion
6.      Memberikan contoh tentang kation dan anion
7.      Memahami konsep molekul
8.      Memberikan contoh tentang molekul
9.      Membedakan molekul unsur dengan molekul senyawa dengan menggunakan simbol.

B. Materi Pembelajaran
        Atom, ion, dan molekul

C. Metode Pembelajaran
            1. Pendekatan                         : Pendekatan Kontekstual
            2. Metode                                : Diskusi- informasi
            3. Metode Pembelajaran         : Pembelajaran Kooperatif

D. Langkah-langkah Kegiatan

a.      Kegiatan Pendahuluan
·         Motivasi dan Apersepsi:
a.        apa yang dimaksud dengan atom
b.      Siapa yang pernah mendengar tentang bom atom?
·         Prasyarat pengetahuan:
a.       Semua zat yang ada di dunia ini baik itu padat, cair, dan gas terdiri dari partikel.
b.      Unsur-unsur yang ada di alam, sering kita jumpai untuk keperluan sehari-hari.


b.      Kegiatan inti:
1.      Siswa dapat membandingkan molekul unsur dan molekul senyawa.
2.      Melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan daam tentang toik/ tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber.
3.      Menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain.
4.      Memfalisitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antar peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainya.
5.      Melibatkan peserta didik secara akti dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
6.      Memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
7.      Guru melakukan diskusi informasi kemudian siswa diminta untuk berdiskusi tentang atom, ion dan molekul
8.      Memberi kesempatan untuk berfikir, menganalisis, menyeleseikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut
9.      Menfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif
10.  Menfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar
11.  Menfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok
12.  Menfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok
13.  Menfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan
14.  Menfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik
15.  Memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik
16.  Memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber
17.  Menfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengelaman belajar yang telah dilakukan
18.  Menfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø  Berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø  Membantu menyeleseikan masalah;
Ø  Memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø  Memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø  Memberi motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif


c. Kegiatan Penutup
    Dalam kegiatan penutup, guru:
a.       Bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/ simpulan pelajaran;
b.      Melakukan penilaian dan/atau refleksi kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
c.       Memberi umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
d.      Merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remidi, program pengayaan, layanan konseling dan/ atau memberi tugas baik individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik.

E. Sumber Belajar
1. Purwoko, dkk. 2009. IPA Terpadu SMP Kelas VIII. Jakarta: Yudistira
2. Tim Abdi Guru. 2008. IPA FISIKA untuk SMP Kelas VIII. Jakarta: Erlangga.
        
F. Penilaian Hasil Belajar
             a. Teknik Penilaian:
-      Tes tertulis
-      Tes tertulis
             b. Bentuk Instrumen:
    -   Tes uraian
   -   Tugas rumah
            c. Contoh Instrumen:
                        1. kemukakan dengan menggunakan simbol perbedaan antara molekul unsur.
2. buatlah daftar contoh molekul sederhana yang dijumpai dalam kehidupan sehari-hari




                                                                                                Semarang, 14 Mei 2012
Mengetahui
Kepala SMP N 8 Semarang                                                    Guru Mata Pelajaran



Drs. Dani Eka Prasetya, M. Pd                                           Ratna Wulandari, S. Pd
NIP. 85 640 888 193                                                              NIP.103611017



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar